Selain Hutan, Inilah Ekosistem Yang Ada Di Indonesia

Dimana, di bumi kita ini untuk ekosistem pertahannya bukan hanya ekosistem pada hutannya saja melainkan beberapa ekositem lainnya yang juga harus kita lestarikan agar tidak mudah hilang karena kelalaian dari manusia dalam menjaga ekosistem ini. sudah pasti, di dalam kehidupan manusia itu akan selalu ada timbal balik antara manusia, tumbuhan serta tempat untuk bertumbuhnya itu sendiri. Dari adanya interaksi ini antara hubungan makhluk hidup dengan lingkungan yang memang untuk membentuk suatu system ekologi inilah yang nanti akan di sebut menjadi Ekosistem.

Kalian bisa lihat di sekitar kalian, pasalnya akan terdapat 2 jenis komponen utama yang ada di ruang lingkup kalian seperti : Komponen Biotik dan juga Komponen Abiotik.

Salah Satu Contoh Hutan Yang Asri

Dan dari 2 komponen ini sendiri merupakan makhluk hidup yang memang tidak akan bisa lepas dari adanya lingkungan terse       but. Dan dari sinilah kita juga bisa mengetahui beberapa jenis ekosistem yang berbeda-beda pada tiap Negara yang ada. Misalnya saja seperti di Indonesia sendiri. Memiliki beberapa ekosistem hutan dan jenis lainnya yang memang harus kalian lestarikan seperti apa yang akan kita jabarkan di bawah ini.

Secara Luas Yang Di Maksud Dengan Ekosistem

Dari sedikitnya ada penjelasan ekosistem itu sendiri merupakan sebuah kesatuan komunitas dan juga adanya lingkungan hidupnya yang saling berinteraksi untuk membentuk hubungan timbal balik. Misalnya saja pada komunitas Ikan Air Tawar, yang memiliki hubungan yang sangat erat dengan Ikan, Ai, Udara, Kolam, Tanah serta membutuhkan sinaran matahari.

Untuk ukuran ekosistem ini sendiri memanglah memiliki ukuran yang berbeda, dari ekosistem kecil yang bisa membentuk ekosistem yang besar. Dan ekosistem yang besar inilah di sebut dengan Biosfer. Nah, mengenai ekosistem alami ini bisa kita berikan contoh seperti Sungai, Laut, dan juga Gunung. Sedangkan untuk ekosistem buatan ini sendiri di bentuk oleh manusia seperti Kolam, Ikan, Akuarium, Waduk dan juga Sawah.

Ekosistem – Ekosistem di Indonesia

# Hutan Hujan Tropis

Ini menjadi ekosistem hutan pertama yang dimiliki oleh Indonesia. Jika dilihat langsung dilintasi garis Khatulistiwa yang membuat Indonesia untuk menjadi salaha satu Negara yang memanglah sudah di anugerahi dengan adanya Hutan Hujan Tropis yang sangatlah subur. Tak hany sebuah flora saja, tetapi mengenai faunannya sangatlah beragam. Selain memang untuk memiliki sebuah panorama yang memanglah sangat menawan, keindahan ekowisata yang akan memiliki sebuah pemandangan yang High Class di mata dunia. Dan mengenai Hutan Hujan ini sangat banyak terdapat di Sumatera, Kalimantan dan juga Papua.

# Hutan Sabana

Yang kedua ialah Ekosistem Hutan yang langsung di berikan tuhan ke Indonesia. Yakni, ini menjadi Hutan yang memang memiliki area yang ditumbuhi langsung oleh pepohonan dan juga tumbuhan lainnya. Hutan selain memiliki fungsi sebagai paru-paru dunia yang memang menyediakan cadangan air dan oksigen lalu juga memang menjadi rumah bagi banyak Flora serta Fauna. Dari yang biasa hingga yang mematikan pun pasti akan mengisi tiap hutan tersebut.

Nah mengenai hutan Sabana ini sendiri memiliki iklim yang tropis. Terdapatnya di Porvinsi Nusa Tenggara Timur serta Papua. Memanglah, Papua menjadi wilayah yang bagus sekali dengan sector ekosistem alamnya. Ekosistem ini juga di dominasi oleh rumput dan juga semak-semak akasia. Untuk curah hujan sendiri berkisaran 95 sampai 150 cm untuk per tahunnya. Mengenai jenis hewan yang biasanya hidup di hutan Sabana ini mencakup Gajah, Kuda, Macan Tutul, Singa serta hewan pengerat lainnya yang terdapat di dalam hutan tersebut.

# Ekosistem Pergunungan

Jika sebelumnya sudah di ketahui bahwasannya di Indonesia sendiri memiliki 2 ciri khas yang nyata bagi Indonesia. Nah, disini tedapat ssebuah pergunungan yang sangat menjulang. Dimana ini menjadi ekositem ke 3 yang memang sangatlah banyak di Indonesia ini. ekosistem pegunungan di Indonesia ini sendiri memanglah memiliki sebuah karakteristik yang langsung di andai dengan adanya sebuah ketinggian dari adanya permukaan laut atau dpl yang sangat besar. Di pegunungan ini pun juga sudah memberikan sebuah suhu yang sangatlah sejuk , terdapat sebuah lereng yang sangat curam, lalu juga ada daya curah hujan yang memanglah relative tinggi, serta mengenai rawan bencana terutama banget dalam bencana longsor dan juga tedapat letusan gunung api.

Nah, dari sebagian besar kawasan pegunungan ini akan memiliki sebuah ekosistem yang sangatlah khas dan juga kemudian bisa di konservasikan dalam berbagai bentuk kawasan lindung. Nah, misalnya seperti ada Taman Nasional, lalu juga terdapat Hutan Lindung, dan juga terdapat sebuah Kawasan Rawan Bencana serta memiliki juga kawasan Daerah Aliran Sungai atau DAS.

# Ekosistem Lautan

Untuk ekosistem lainnya yang berada di Indonesia ini menjadi ekosistem ke 4 yang di miliki oleh Indonesia seperti Laut. Untuk wisata yang memang ada pada garis depannya yakni pantai. Mengenai garis pantai yang berada di Indonesia ini sendiri memanglah sangat panjang untuk bisa membutuhkan untuk perhatian khusus yang memanglah terjalin demi sebuah keberlangsungan ekosistem laut serta ekosistem pantai. Nah, Pak Presiden Joko Widodo juga sudah menandatangani secara langsung perihal Perpres atau Peraturan Presiden yang tercatat sudah pada nomor 85 tahun 2015 yang menjelaskan langsung mengenai Komite Nasional Prakarsa Segitiga Karang yang memanglah untuk Terumbu Karang itu sendiri, juga untuk perikanannya, dan juga mengenai Ketahanan Pangan atau bisa di sebut juga dengan Komite Nasional CTI – CFF Indonesia yang ada.

Mengenai kerjasama ini sendiri juga memiliki tujuan untuk mengatasi adanya sebuah ancaman yang ada padaekositem lautnya, ada juga pesisirnya, dan juga beberapa pulau kecil yang berada di dalam wiliyah segitiga karang dunia melalui sebuah kecepatan dan juga tindakan dari kolaboratif dengan memiliki pertimbangan yang mengacu pada partisipasi sebagai sebuah pemangku yang sangat berkepentingan di dalam lingkup Negara-negara yang berada di kawasan segitiga karang dunia ini. nah mengenai ekosistem laut yang memanglah deket sekali denga pantai ini diisi dengan : Terumbu Karang, Plankton, serta memiliki tanaman pinggir pantai, kelomang kecil serta sedikitnya ada kepiting – kepitng kecil.

Kerusakan Pada Ekosistem Hutan

Mengenai ekosistem alam yaitu hutan ini akan sangat mudah mengalami sebuah kerusakan yang sudah sering terjadi di Indonesia ini. dimana kerusakan ini sendiri diisi langsung dengan :

  • Penebangan liar pepohonan yang ada. Ntah itu di tebang karena tangan manusia yang mengambil untuk keperluan usaha furniturenya, ada juga untuk kayu-kayu bakar, pembuatan kertas dll.
  • Terdapat banyak sekali kebakaran hutan. Mengakibatkan fauna di dalam hutan menjadi musnah.
  • Ada juga peramban hutan yang dimana para petani yang memanglah bercocok tanam tahunan yang berakibat langsung kepada sebuah ancaman bagi kelestarian hutan itu sendiri.

Nah, itu setidaknya beberapa ekosistem alam yang ada yakni Hutan, Laut, dan juga pegunungannya. Ditambah lagi, kalian juga mengetahui beberapa factor yang biasa sekali memicu kerusakan di dalam hutan itu sendiri. Maka dari itu, lestarikanlah dari sekarang Ekosistem Hutan yang ada di Indonesia ini.