Ekosistem Hutan Indonesia Yang Mendunia

Telah diketahui, bahwa pada zaman dahulu keadaan bumi ini, ialah hampir 90% perhutanan yang sangat banyak akan hewan-hewan yang hidup didalamnya. Bahkan, banyaknya kekayaan alam yang ada serta sebuah keuntungan dari kehutanan sendiri pun memang menguntungkan untuk keasrian bumi maupun udara. Telah diketahui, bahwa di Indonesia ini tergolong kedalam sebuah paru-paru dunia yang sangat beragam akan kehutanannya. Hutan tropis Indonesia adalah satu-satunya kehutanan yang ada di Indonesia dan telah terkenal.

Telah diketahui, bahwa Hutan Tropis yang ada di Indonesia ini ialah rumah serta persembunyian yang memiliki banyak sekali keanekaragaman hayati yang sangat beragam dan sangat unik. bahkan, beberapa hewan yang yang berasal dari hutan tropis Indonesia ini pun tergolong langka dan unik. keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia tersebut pun rupanya meliputi hingga 12 persen spesies mamalia yang ada di dunia dan terdapat di Indonesia, 7,3% pun spesies reptil serta amfibi yang sangat unik dan mempunyai ciri khas nya tersendiri, serta 17% spesies burung yang sangat indah dan sangat lucu. Dan semua spesies tersebut pun mencakupi seluruh hewan yang ada di seluruh dunia dan ada di kehutanan tropis di Indonesia.

Perhutanan

Selain itu, rupanya masih banyak lagi berbagai macam spesies yang ada di hutan tropis Indonesia dan belum diketahui serta belum dijadikan populasi penelitiannya. Bahkan, hutan tropis Indonesia ini pun selalu menambahkan banyak sekali keanekaragaman hayati nya yang sangtat unik dan akan membuat mu terpesona akan keindahan hayati yang ada di hutan tropis Indonesia. Selain itu, rupanya menurut data tahun 1994-2007 yang telah tercatat oleh WWF, terdapat 400 spesies baru yang  berada di hutan tropis yang ada di Kalimantan ini. sangat menarik bukan? Selain itu, rupanya kondisi akan keanekaragaman hayati yang satu ini pun menempatkan Negara Indonesia sebagai negara yang memiliki keanekaragaman hayatinya yang terbesar dan tertinggi di dunia.

Namun, sayangnya banyak sekali kerusakan hutan-hutan yang ada di tanah air dan disebabkan oleh manusia itu sendiri dan keadaan hutan tropis Indonesia tersebut rupanya sangat memprihatinkan. Dimana para hewan-hewan unik diburu dengan sengaja untuk kepentingan manusia, dan menjadikannya banyak sekali hewan yang tergolong langka. Selain itu, rupanya berdasarkan sebuah data yang diteliti oleh FAO, pada tahun 20100 ini rupanya hutan tropis Indonesia sedikitnya hingga 1,1 juta hektar yang selalu berkurang dan disebabkan oleh manusia itu sendiri. mari kita mengulik lebih jauh terhadap artikel ekosistem kehutanan yang satu ini!

Tipe ekosistem hutan tropika basah serta dataran rendah

Di Indonesia ini memang terdapat sebuah hutan hujan tropis yang sangat terkenal dan telah mendunia. Namun, apakah kamu tahu apa itu hutan hujan tropis yang ada di Indonesia? Hutan hujan tropis adalah sebuah tipe yang disertai dengan sebuah karakteristik yang tertentu serta mempunyai banyak nya ekosistem tersendiri yang membuat hutan hujan tropis ini semakin subur akan wilayahnya.

Selain itu, rupanya hutan hujan tropis yang ada di Indonesia ini pun memiliki sebuah iklim yang dimana wilayahnya selalu basah dan memiliki sebuah curah hujannya rata-rata bulanan yang rutin serta kurang dari 100 mm, dan hal tersebut pun merupakan sebuah komunitas akan kompleks yang pada umumnya biasanya akan banyak sekali tumbuh-tumbuhan yang berkayu dengan memiliki banyak sekali ukuran yang sangat beragam, dari kecil hingga sangat besar ini pun ada di hutan hujan tropis. Hutan hujan tropis yang satu ini merupakan sebuah hutan yang ada di dataran nya yang sangat rendah dan sangat kaya akan jenis keanekaragaman hayatinya yang sangat beragam.

Bahkan, di hutan hujan tropis yang satu ini pun terdapat lebih dari 20.000 jenis pohon yang sangat unik dan dapat kamu temui di hutan hujan tropis yang ada diIndonesia, yakni di kepulauan Sumatera, dengan kepulauan Kalimantan, serta di Papua Nugini. Selain itu, rupanya terdapat hingga 300 spesies yang sangat banyak dan hidup serta berkembang biak di hutan primer yang ada di Kalimantan.

Ekosistem laut di Indonesia

Telah diketahui, bahwa Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki banyak sekali pulau-pulau yang sangat indah. Bahkan, di Indonesia ini, terdapat wilayah perairan atau kelautan yang lebih besar dibandingkan dengan wilayah daratannya tersendiri. Oleh karena itu, sudah tak jarang bahwa setiap kota yang ada di Indonesia memang terkadang terdapat sebuah pulau ataupun laut yang sangat menjuntang dengan luas.

Namun, tahukah apa itu ekosistem laut yang sangat terkenal akan keindahannya yang ada di Indonesia? Ekosistem laut adalah sebuah lingkungan hidup yang digunakan oleh manusia sebagai tempat bertempat tinggal yang sangat luas dan sangat besar. Telah diketahui, bahwa kondisi kepulauan yang ada di Indonesia ini memiliki hingga ribuan pulau-pulau besar yang menjulang tinggi serta kepulauan yang kecil yang semakin menambah keindahannya serta pemandangan yang sangat mempesona.

Laut merupakan sebuah cadangan yang digunakan untuk bahan-bahan yang membutuhkan mineral, serta banyaknya sumber makanan yang berasal dari laut ini pun adalah sumber kehidupan manusia. bahkan, diperairan Indonesia ini pun rupanya terdapat berbagai macam keunikan yang ada akan sebuah komunitas hayatinya yang tropis dan sangat khas akan keindahannya, yakni terumbu karang, hutan bakau, serta rumput laut dengan rasanya yang sangat unik.

Ekosistem hutan mangrove yang terkenal

Jika kamu mendengar tentang ekosistem hutan mangrove yang satu ini pastinya sudah terdengar sangat familiar. Karena, ketika kamu masih menjalani berbagai macam pendidikan yang menjadikan mu sebagai pelajar ini pun rupanya ekosistem hutan mangrove kerap kali dipelajari dalam sebuah bidang studi yang kamu lakukan. Ekosistem hutan mangrove adalah sebuah ekosistem hutan yang sangat toleran akan salinitas air yang dimilikinya serta ekosistem hutan mangrove yang satu ini pun biasanya terdapat di sebuah wilayah yang mengalami daerahnya dengan tropis serta subtropis.

Telah tercatat, bahwa keadaan hutan mangrove yang telah tersebar di seluruh Asian Tenggara ini pun terdapat hingga 30 jenisnya serta berbagai macam variasi akan florestik yang menghiasi hutan mangrove tersebut. biasanya, ekosistem hutan mangrove dengan sebuah variasi akan florestik nya ini pun mempengaruhi sebuah kaitan terhadpa variasi habitat satu dengan habitat lainnya yang sangat beragam.

Biasanya, masyarakat lokal yang berada di wilayah tersebut akan menggunakan hutan mangrove yang satu ini sebagai sebuah mata pencahariannya yang memanfaatkan kekayaan akan ekosistem hutan mangrove nya. Yakni, dengan mendirikan penambakan udang, belut, kerang, kepiting, siput laut, dan masih banyak lagi. Selain itu,rupanya masyarakat lokal ini pun akan memanfaatkan sebuah ekosistem hutam mangrove untuk mencari kayu bakar, material bangunan, dan masih banyak lagi.

Nah, itu dia berbagai macam ekosistem hutan Indonesia yang sangat beragam dan sangat kaya akan alamnya serta habitatnya. Hendaklah menjaga kelestarian hutan sebagai paru-paru yang dibutuhkan bumi. Semoga artikel ini bermanfaat!