Informasi Mengenai Ekosistem Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan tropis ini memiliki sisi bagian dari keanekaragaman ekosistem yang ada di dunia. Di Sisi lainnya hutan hujan itu merupakan sebuah rumah bagi spesies flora dan juga fauna yang paling terkaya di dunia. Untuk itu keanekaragaman hayati dapat dimaknai dengan banyak dan juga sangat luas, bukan hanya sekedar spesies tetapi mencakup juga dengan genetik dan ekosistemnya.

Bahkan untuk keanekaragaman budaya dan juga manusia akan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam keanekaragaman hayati.

Apa itu Hujan Tropis dan Bagaimana Penyebarannya?

Hutan hujan adalah ekosistem yang ada pada hutan yang akan ditandai adanya curah hujan yang sangat tinggi setidaknya akan ada 200 cm/tahunnya, dan memiliki kanopi yang sangat lebat juga memiliki keanekaragaman pada spesies yang tinggi juga. Biasanya itu hutan hujan itu berada di garis khatulistiwa antara nya itu adalah Tropic of Cancer dan Tropic of Capricorn, garis lintang ini memiliki suhu yang lebih hangat dan akan dikenai sinar matahari sepanjang tahunnya yang sangat relatif konstan.

Ada sebagian besar dari hutan hujan tropis yang ada di dunia terjadi di cekungan Lembah yang ada di Amazon, Amerika Selatan,  cekungan Lembah Kongo dan Asia Tenggara. Selain itu juga hutan hujan ada di beberapa pulau Karibia, di Amerika Tengah juga ada, di India juga ada, di pulau-pulau yang tersebar di Pasifik Selatan juga memiliki situs mpo slot, di Madagaskar, di Afrika Barat dan Timur di luar Cekungan Kongo ada hutan hujan, di Amerika Tengah dan Meksiko, dan di beberapa bagian Amerika Selatan di luar Amazon juga memiliki hutan hujan tropis.

Berdasarkan dari negara, ada beberapa negara yang terluas yang memiliki hutan hujan tropis yang berturut-turut adalah: Brasil, Republik Demokratik Kongo, Indonesia, Peru dan Kolombia. Hal inilah yang mengakibatkan curah hujan yang begitu tinggi.

Distribusi global pada hutan hujan tropis dapat dibagi menjadi beberapa bidang di biogeografis yang ada di wilayah benua yang berhutan yaitu Afrotropic, Australiasian, Indomalaya atau Asia dan juga ada Neotropis. Ada lebih dari setengah hutan hujan yang ada di dunia dan letaknya itu di wilayah Neotropis kira kira jika dibagi itu sekitar seperempat nya dari Afrika dan ada seperlimanya dari Asia.

Mengapa hal ini Sangat Penting untuk Dunia?

Pada hutan hujan akan memberikan sebuah layanan ekologis, termasuk juga akan menyimpan ratusan miliar ton karbon yang akan dihasilkan, dan juga melindungi dari terjadinya banjir bandang dan juga melindungi dari kekeringan, hal ini juga yang dapat menstabilkan tanah yang kalian pijak dan sangat mempengaruhi pola curah hujan dan akan menyediakan rumah untuk para satwa liar dan penduduk aslinya. Hutan hujan juga menjadi sumber dari banyaknya sebuah produk yang sangat bermanfaat bagi warga yang bergantung padanya.

Ada Beberapa Fakta Hutan Hujan Tropis

  • Akan ada keanekaragaman hayati : memiliki tingkat keanekaragaman hayati di hutan hujan tropis ini sangat tinggi. Para ilmuan yang ada mengatakan bahwa sekitar ada setengah dari spesies darat yang ada di bumi hidup di hutan hujan.
  • Memiliki layanan ekosistem : hutan tropis ini akan memproduksi oksigen kurang lebih sekitar 25% sampai 30% dari sebuah perputaran oksigen yang ada di dunia dan akan menyimpan karbon kurang lebih sekitar 229-247 miliar ton karbon melalui sebuah fotosintesis. Dalam hal ini lah yang akan mempengaruhi pola curah hujan dan juga mempengaruhi cuaca.
  • Iklim dan pola cuaca global: Hutan hujan ini juga memiliki sebuah peran dalam pola cuaca global. Sebagai contohnya itu, para peneliti telah menunjukkan bahwa hutan yang ada di Amerika Selatan telah mempengaruhi curah hujan di Amerika Serikat, sementara hutan yang ada di Asia Tenggara memengaruhi pola hujan yang ada di Eropa tenggara dan Cina.
  • Menjaga siklus air: peran selanjutnya pada hutan hujan adalah menambahkan proses air ke atmosfer lewat proses transpirasi (pelepasan air dari daun selama fotosintesis) yang akan menjaga kelembaban dunia. Di Amazon ini , 50% sampai 80% kelembaban terjadi karena siklus air ekosistem. Ketika hutan ditebang, akan sedikit kelembaban yang masuk ke atmosfer dan curah hujan akan menurun, kadang-kadang menyebabkan kekeringan.
  • Melindungi dari banjir, kekeringan, dan erosi: Hutan hujan juga sangat penting dalam mengurangi erosi tanah dengan menjangkarkan tanah dengan akarnya. Ketika pohon mulai ditebang habis atau setengahnya saja tidak ada lagi yang bisa melindungi tanah, dan tanah akan dengan cepat tersapu oleh hujan. Di lereng bukit yang curam jika tidak ada pohon maka akan dapat memicu tanah longsor.

Bagaimana Struktur Pada Pepohonan?

Hutan hujan memiliki ciri sendiri dan memiliki struktur vegetatif yang unik dan terdiri dari beberapa lapisan yang memiliki bentuk vertikal pohon yang termasuk dengan kanopi, lapisan bawah, lapisan samak dan juga memiliki permukaan tanah.

Kanopi adalah sebuah lapisan caban dan juga daun yang akan dibentuk oleh pohon yang ada di hutan hujan yang memiliki jarak sekitar 30-40 meter dari lantai hutan. Di bawah langit-langit  kanopi akan ada beberapa tingkatan daun dan juga cabang yang sudah dikenal secara kolektif sebagai tumbuhan yang berada di bawah.

Bagian yang terendah yaitu tumbuhan yang berada di bawah, yang memiliki tinggi 1,5 sampai 6 meter di atas lantai, yang sudah dikenal sebagai lapisan semak, ada juga tanaman semak, perdu dan juga memiliki pohon muda.

Mengapa Hutan Hujan Kaya dengan Keragaman Hayati?

Hutan hujan tropis akan mendukung keragaman yang terbesar organisme hidup yang ada di bumi. Meskipun mereka itu akan menutupi kurang dari dari 2% permukaan yang ada di bumi, namun ia dapat menampung lebih dari 50% vegetasi dan juga satwa yang ada di bumi ini.

Ada beberapa alasan kenapa hutan hujan tropis itu mendukung kehidupan yang sangat beragam yang ada di bumi ini. Berikut ini beberapa faktor yang penting lainnya.

  • Kanopi: struktur pada kanopi hutan hujan memberikan banyak sekali tempat bagi vegetasi untuk tumbuh dan hewan untuk hidup didalamnya. Kanopi akan menawarkan sumber makanan, tempat tinggal, dan juga tempat persembunyian, hal ini akan menyediakan interaksi antara spesies yang berbeda beda lainnya. Misalnya itu, ada tanaman yang tumbuh di kanopi yang disebut bromeliad yang menyimpan air di daunnya. Hewan Katak dan satwa lain akan menggunakan kantong air ini untuk berburu dan bertelur.
  • Persaingan yang akan mendorong kelimpahan spesies: sementara itu akan ada banyak energi dalam sistem hutan hujan tropis, kehidupan yang ada disini itu  tidaklah mudah bagi sebagian besar spesies yang menghuni bioma. Faktanya itu, hutan hujan adalah tempat yang sangat kompetitif bagi para penghuni yang berada di sana, dengan spesies mengembangkan strategi dan inovasi yang luar biasa untuk bertahan hidup, akan mendorong spesialisasi.